Pengetian PHP

Daftar Isi [Tutup]
    Kali ini gue mau jelasin apa itu PHP, PHP (Hypertext Preprocessor ) adalah bahasa scripting yang banyak dipakai untuk membuat halaman web dinamis. PHP merupakan bahasa pemrograman web yang bersifat server-side. Artinya sintaks dan perintah-perintah yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan di server web. PHP tidak bisa di akses secara langsung tanpa adanya sebuah server web. PHP bersifat open source sehingga dapat digunakan secara gratis dan tidak melakukan kompilasi dalam penggunaannya sehingga relatif lebih cepat. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah Content Management System (CMS), seperti Joomla.

    Halaman web biasanya disusun dari kode-kode HTML. File HTML ini dikirimkan oleh server web (atau file) ke penjelajah web (web browser), kemudian penjelajah web menerjemahkan kode-kode tersebut sehingga menghasilkan suatu tampilan yang indah. Lain halnya dengan PHP yang harus diterjemahkan oleh server web sehingga menghasilkan kode HTML yang dikirim ke penjelajah web agar dapat ditampilkan. PHP dapat berdiri sendiri ataupun disisipkan di antara kode-kode HTML sehingga dapat langsung ditampilkan bersama dengan kode-kode HTML tersebut. Sebagian besar sintaks PHP mirip dengan bahasa C, Java, dan Perl. Sintaks-sintaks PHP diawali  dengan <?php dan di akhiri dengan ?>.

    PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdroft, seorang programmer C. Semula PHP digunakannya untuk menghitung jumlah pengunjung di dalam webnya. Kemudian ia mengeluarkan Personal Home Page Tools versi 1.0 secara gratis. Versi ini pertama kali keluar pada tahun 1995. Isinya adalah sekumpulan script PERL yang dibuatnya untuk membuat halaman webnya menjadi dinamis. Kemudian pada tahun 1996 ia mengeluarkan PHP versi 2.0 yang kemampuannya telah dapat mengakses database dan dapat terintegrasi dengan HTML. Pada tahun 1998 tepatnya pada tanggal 6 Juni 1998 keluarlah PHP versi 3.0 yang dikeluarkan oleh Rasmus sendiri bersama kelompok pengembang softwarenya. Versi terbaru, yaitu PHP 4.0 keluar pada tanggal 22 Mei 2000 merupakan versi yang lebih lengkap lagi dibandingkan dengan versi sebelumnya. Perubahan yang paling mendasar pada PHP 4.0 adalah terintegrasinya Zend Engine yang dibuat oleh Zend Suraski dan Andi Gutmans yang merupakan penyempurnaan dari PHP scripting engine. Yang lainnya adalah build in HTTP session, tidak lagi menggunakan library tambahan seperti pada PHP.

    Tujuan dari bahasa scripting ini adalah untuk membuat aplikasi-aplikasi yang dijalankan di atas teknologi web. Dalam hal ini, aplikasi pada umumnya akan memberikan hasil pada penjelajah web, tetapi prosesnya secara keseluruhan dijalankan pada server web.

    0 Response to "Pengetian PHP"

    Post a Comment